Jumat, 20 September 2013

Penelitian Tindakan Kelas



ABSTRAK
 
Ya’kub, 2011. Peningkatan Akhlak Terpuji Dengan Metode Dakwah Sistem Langsung Pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMKN I Lamongan Tahun 2010 / 2011”.
Kata Kunci      :  Akhlak, Metode, Da’wah, Sistem
           Pendidikan Agama menjadi tumpuan harapan masyarakat, agar generasi penerus beakhlak terpuji. Kenyataan yang ada, kenakalan ana-anak dan remaja, bahkan orang tua semakin menohok mata. Kelemahan ini ditudingkan atas kesalahan dan kekurangan Pendidikan Agama dengan bahasa”  Kurang Pendidikan Budi Peketi.”, maka penyempurnaan metode pembelajaran Pendidikan Agama yang brkesinambungan, sangat dipelukan.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (1) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Agama siswa  dengan  metode DSL (2) Bagaimanakah peningkatan akhlak terpuji siswa  dengan  metode DSL ? Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui peningkatan prestasi belajar Agama siswa  dengan penerapan metode DSL (2) Mengetahui peningkatan akhlak terpuji siswa  dengan penerapan  metode DSL. ( 3) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran   Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran  tahun pelajaran 2010/2011. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar hasil observasi  sedang dan setelah kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi dan akhlak terpuji siswa  mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu:
(1)   Prestasi belajar, siklus I (67,44%), siklus II (79,01%), siklus III (90,70%),
(2)   Akhlak terpuji siswa, siklus I sampai siklus III  mengalami kenaikan sebagai berikut: siklus I (67,44%), siklus II (79,01%), siklus III (90,70%)
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode DSL dapat meningkatkan  prestasi dan  akhlak terpuji siswa  Kelas XI Pemasaran SMKN1 Lamongan tahun 2010 / 2011, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran  Pendidikan Agama.

ABSTRAK
YA’KUB,2010. Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Dengan Pembelajaran Model STAD (Student Teams Achievement Divisio ) Di SMKN1 Lamongan tahun 2010 /2011

Kata Kunci : PAI,  pembelajaran,model STAD

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PAI dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD ? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan motivasi belajar PAI?.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PAI setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PAI setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas …………... …………………….…….. tahun pelajaran …………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa ………………… ………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PAI.

 

ABSTRAKSI

YA’KUB, 2009 Meningkatkan Prestasi PAI dengan Metode  Gabungan Ceramah dan Simulasi  Pada  Siswa Kelas  XI Pemasara  Tahun 2008 /2009
Kata  kunci: PAI, ceramah,simulasi
          Belajar yang baik, dibutuhkan mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya dan membahasnya dengan orang lain. Bukan hanya itu, perlu “ mengerjakannya”  yakni penggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan  keterampilan, dan mengerjakan tugas menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
          Penelitian  ini berdasarkan permasalahan (a) Apakah penerapan pembelajaran kontekstual model pengajaran Gabungan Ceramah dan Simulasi  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa  terhadap materi  pelajaran PAI? (b) Bagaimanakan peningkatan minat, perhatian dan partisipasi belajar dengan pembelajaran kontekstual model pengajaran Gabungan Ceramah dan Simulasi  Pada  Siswa Kelas  XI Pemasara  Tahun 2008 /2009?
          Tujuan dari  penelitian ini adalah (a) Mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PAI  setelah diterapkan  pembelajaran kontektual model pengajaran Gabungan Ceramah dan Simulasi . (b)  Mengetahui peningkatan minat, perhatian dan partisipasi belajar dengan penbelajaran kontekstual model pengajaran Gabungan Ceramah dan Simulasi  terhadap materi pelajaran PAI
          Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian  ini adalah siswa kelas XI Pemasaran tahun 2008. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi  kegiatan belajar mengajar.
          Dari hasil  analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai III yaitu, siklus I (70,00%), siklus II (82,50%), siklus III (92,50%). Sementara minat, perhatian dan partisipasi belajar ….
          Simpulan  dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi, minat, perhatian  dan partisipasi belajar Siswa Kelas XI Pemasaran tahun 2008 / 2009, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PAI

ABSTRAKSI

YA’KUB, 2010. Meningkatkan  Prestasi Belajar PAI Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Di SMKN 1 Lamongan Tahun 2009 / 2010
Kata  kunci: PKn, metode pembelajaran kooperatif
          Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya dengan membahasnya dengan orang lain, dan mengerjakannya”,  yakni penggambarkan sesuatu dengan cara siswa sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan  keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
          Penelitian  ini berdasarkan permasalahan (a) Apakah penerapan strategi  pembelajaran  berbasis proyek dapat meningkatkan prestasi belajar siswa  terhadap materi  pelajaran PAI? (b) Bagaimanakan pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan motivasi , minat perhatian dan partisipasi belajar PAI?
          Sedangkan tujuan dari  penelitian ini adalah (a)  Mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PAI  setelah diterapkan Strategi pembelajaran  berbasis proyek. (b) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran  berbasis proyek dalam meningingkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa terhadap materi pelajaran PAI
          Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian  ini adalah siswa kelas XI Pemasaran tahun pelajaran 2009 / 2010. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi  kegiatan pembelajaran.
          Dari hasil  analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai III yaitu, siklus I (70,00%), siklus II (82,50%), siklus III (92,50%)
          Simpulan  dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran berbasis proyek dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa  kelas XI Pemasaran tahun pelajaran 2009 / 2010, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative model pembelajaran PAI.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar