ABSTRAK
Ya’kub,
2011. Peningkatan Akhlak Terpuji Dengan
Metode Dakwah Sistem Langsung Pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMKN I Lamongan Tahun
2010 / 2011”.
Kata Kunci :
Akhlak, Metode, Da’wah, Sistem
Pendidikan Agama menjadi tumpuan
harapan masyarakat, agar generasi penerus beakhlak terpuji. Kenyataan yang ada,
kenakalan ana-anak dan remaja, bahkan orang tua semakin menohok mata. Kelemahan
ini ditudingkan atas kesalahan dan kekurangan Pendidikan Agama dengan
bahasa” Kurang Pendidikan Budi Peketi.”,
maka penyempurnaan metode pembelajaran Pendidikan Agama yang brkesinambungan,
sangat dipelukan.
Penelitian
ini berdasarkan permasalahan : (1) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar
Agama siswa dengan metode DSL (2) Bagaimanakah peningkatan akhlak
terpuji siswa dengan metode DSL ? Tujuan dari penelitian ini
adalah : (1) Mengetahui peningkatan prestasi belajar Agama siswa dengan penerapan metode DSL (2) Mengetahui
peningkatan akhlak terpuji siswa dengan
penerapan metode DSL. ( 3) Menyempurnakan
pelaksanaan pembelajaran Pendidikan
Agama Islam.
Penelitian
ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.
Setiap putaran terdiri dari 4 tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI
Pemasaran tahun pelajaran 2010/2011.
Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar hasil observasi sedang dan setelah kegiatan belajar mengajar.
Dari
hasil analisis didapatkan bahwa prestasi dan akhlak terpuji siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai
siklus III yaitu:
(1)
Prestasi belajar, siklus I
(67,44%), siklus II (79,01%), siklus III (90,70%),
(2)
Akhlak terpuji siswa, siklus
I sampai siklus III mengalami
kenaikan sebagai berikut: siklus I (67,44%), siklus II (79,01%), siklus III
(90,70%)
Kesimpulan
dari penelitian ini adalah metode DSL dapat meningkatkan prestasi dan
akhlak terpuji siswa Kelas XI
Pemasaran SMKN1 Lamongan tahun 2010 / 2011, serta model pembelajaran ini dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama.
ABSTRAK
YA’KUB,2010. Meningkatkan Prestasi Belajar PAI
Dengan Pembelajaran Model STAD (Student Teams Achievement Divisio ) Di SMKN1
Lamongan tahun 2010 /2011
Kata Kunci : PAI, pembelajaran,model STAD
Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar
aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar
aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil
akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus.
Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa
kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan
penguasaan materi pelajaran.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a)
Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PAI dengan diterapkannya metode
pembelajaran kooperatif model STAD ? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode
Pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan motivasi belajar PAI?.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin
mengetahui peningkatan prestasi belajar PAI setelah diterapkannya pembelajaran
kooperatif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PAI setelah diterapkannya
pembelajaran kooperatif. (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat
dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif
dalam kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action
research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap,
yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa kelas …………... …………………….…….. tahun pelajaran ……………..
Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan
belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I
(68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran
kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar
siswa ………………… ………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah
satu alternative pembelajaran PAI.
ABSTRAKSI
YA’KUB,
2009 Meningkatkan Prestasi PAI dengan
Metode Gabungan Ceramah dan Simulasi Pada Siswa Kelas XI Pemasara
Tahun 2008 /2009
Kata kunci: PAI, ceramah,simulasi
Belajar yang baik, dibutuhkan
mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya dan membahasnya dengan
orang lain. Bukan hanya itu, perlu “ mengerjakannya” yakni penggambarkan sesuatu dengan cara
mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas menuntut
pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Apakah
penerapan pembelajaran kontekstual model pengajaran Gabungan Ceramah dan
Simulasi dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa terhadap materi pelajaran PAI? (b) Bagaimanakan peningkatan
minat, perhatian dan partisipasi belajar dengan pembelajaran kontekstual model pengajaran
Gabungan Ceramah dan Simulasi Pada Siswa Kelas
XI Pemasara Tahun 2008 /2009?
Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengetahui
bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PAI
setelah diterapkan pembelajaran
kontektual model pengajaran Gabungan Ceramah dan Simulasi . (b) Mengetahui peningkatan minat, perhatian dan
partisipasi belajar dengan penbelajaran kontekstual model pengajaran Gabungan
Ceramah dan Simulasi terhadap materi
pelajaran PAI
Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran.
Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran tahun
2008. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari
hasil analis didapatkan bahwa prestasi
belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai III yaitu, siklus I
(70,00%), siklus II (82,50%), siklus III (92,50%). Sementara minat, perhatian
dan partisipasi belajar ….
Simpulan dari penelitian ini adalah metode
pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi, minat,
perhatian dan partisipasi belajar Siswa
Kelas XI Pemasaran tahun 2008 / 2009, serta model pembelajaran ini dapat
digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PAI
ABSTRAKSI
YA’KUB,
2010. Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Dengan Strategi
Pembelajaran Berbasis Proyek Di SMKN 1 Lamongan Tahun 2009 / 2010
Kata kunci: PKn, metode pembelajaran kooperatif
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan
baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya dengan
membahasnya dengan orang lain, dan mengerjakannya”, yakni penggambarkan sesuatu dengan cara siswa
sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut
pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Apakah
penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa terhadap materi pelajaran PAI? (b) Bagaimanakan pengaruh strategi
pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan motivasi , minat perhatian dan
partisipasi belajar PAI?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi
belajar PAI setelah diterapkan Strategi
pembelajaran berbasis proyek. (b) Mengetahui
pengaruh strategi pembelajaran berbasis
proyek dalam meningingkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa terhadap
materi pelajaran PAI
Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran.
Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran tahun
pelajaran 2009 / 2010. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar
observasi kegiatan pembelajaran.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai III yaitu, siklus I (70,00%),
siklus II (82,50%), siklus III (92,50%)
Simpulan dari penelitian ini adalah strategi
pembelajaran berbasis proyek dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan
motivasi belajar Siswa kelas XI Pemasaran
tahun pelajaran 2009 / 2010, serta model pembelajaran ini dapat digunakan
sebagai salah satu alternative model pembelajaran PAI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar